Biodata Najwa Shihab Lengkap: Agama, Umur, Pekerjaan, Karier, Hobi

Biodata Najwa Shihab Lengkap
Biodata Najwa Shihab Lengkap– Siapa yang tidak mengenal presenter cantik dan berbakat Najwa Shihab? Najwa Shihab adalah mantan pembawa berita yang kini menjadi presenter terkenal di tanah air yang lahir pada 16 September 1977.

Cantik dan berbakat, putri kedua Quraish Shihab ini terus-menerus diperbincangkan karena karakternya yang kuat dan gayanya yang kekinian. Terus menginspirasi generasi milenial masa kini, siapa sangka Najwa Shihab sudah memulai karir sejak tahun 2000 an loh guys.

Kini ia dikenal luas sebagai jurnalis senior yang namanya lekat dengan program TV Mata Najwa. Buat kamu yang penasaran, yuk simak biodata Najwa Shihab lengkap dengan usia, Karier, dan agamanya, seperti data yang berhasil di kumpulkan oleh Detiknegri.my.id berikut ini:

{tocify} $ title = { Daftar Isi }

Profil & Biodata Najwa Shihab Lengkap

Baca Juga:
$ads={1}

NAMA LENGKAPNajwa Shihab
NAMA PANGGUNGHana Saraswati
NAMA PANGGILANNana
TEMPAT, TANGGAL LAHIRMakassar, 16 September 1977
UMUR24 Tahun
KEWARGANEGARAANIndonesia
AGAMAIslam
NAMA ORANG TUAQuraish Shihab (ayah),
Fatmawati Assegaf (ibu)
NAMA SaudaraNahla Shihab, Najelaa Shihab, Ahmad Shihab, Nasywa Shihab
Nama SuamiIbrahim Sjarief Assegaf
AnakNamia, Izzat Assegaf
PROFESIPresenter TV
HOBIMembaca Buku
AKUN INTAGRAM@najwashihab
AKUN FACEBOOK
AKUN TWITTER-


Pendidikan Najwa Shihab:

  • Sekolah di TK Al-Quran Makasar
  • Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah
  • SMP Al-Ikhlas, Jeruk Purut, Jakarta Selatan
  • SMA Negri 6 Jakarta
  • Universitas Indonesia-Fakultas Hukum (S1)
  • Melbourne Law School (S2)


Karir dari Najawa Shihab

  • Kerja sebagai Wartawan di Metro TV (2000-2017)
  • Karier di Pembawa Acara Mata Najwa (2009-2017)
  • Wakil Pemred Metro TV, ( – 2017)
  • Co-founder PT Narasi Citra Sahwahita (Narasi)


Penghargaan yang didapatkan:

  • Jurnalis Terbiak Metro TV (2006)
  • Penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya
  • Nominasi Pembaca berita terbaik Panasonic Award (2007 & 2010)
  • Asian Television Awards 2011
  • Young Global Leader oleh World Economic Forum  (2011)


Fakta-Fakta Unik serta Perjalanan Hidup dari Najwa Shihab "Mba Nana"

Biodata Najwa Shihab Lengkap


1. Masa Kecil dari Najwa Shihab

Najwa Shihab bersekolah di SD Ibtidaiyah Nurul Hidayah, kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Al-Ikhlas yang terletak di Jakarta Selatan.


Setelah SMP, Najwa Shihab masuk SMA Negeri 6 Jakarta Selatan. Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), Najwa Shihab terpilih sebagai siswa yang pergi ke Amerika selama satu tahun dalam sebuah program bernama AFS yang dikelola oleh Intercultural Development Foundation.


2. Awal Karier Seorang Najwa Shihab

Najwa Shihab adalah seorang Jurnalis dan Media, lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Pada tahun 2001, ia memulai karirnya di stasiun TV RCTI. Ia pernah menjabat sebagai dokumenter, sutradara, dan produser berbagai program berita untuk stasiun televisi pesaing utama seperti Metro TV dan NET TV.

Pada tahun 2005, wanita yang sering dipanggil "Nana" ini mendapat penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya atas laporannya tentang bencana tsunami di Aceh pada tahun 2004 Lalu.


3. Kerier nya tak Sampai disitu, Mba "Nana" Kini telah Memiliki Program Acara Tv Sendiri yaitu Mata Najwa

Biodata Najwa Shihab Lengkap
Kerier sebagai Presenter Mata Najwa

Siapa yang tidak kenal dengan acara TV Mata Najwa? Ya, Mata Najwa adalah program Tv yang bertemakan talk show yang diselenggarakan oleh Najwa Shihab sejak November 2009.

Ajaibnya masih bertahan hingga saat ini, acara talk show yang menarik perhatian publik ini tidak pernah surut karena dianggap sebagai salah satu tempat dimana suara rakyat dapat terwakili olehnya.


Berbagai selebriti hadir dalam acara tersebut, termasuk mantan Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dan Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo.


4. Mba "Nana" Najwa Shihab ternyata terpilih menjadi salah satu Jurnalis Terbaik Metro TV pada tahun 2006

Dilihat dari keseriusan dan keteguhannya dalam meliput setiap peristiwa di tanah air, tak heran jika Najwa Shihab terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV tahun 2006 Tak hanya itu, ia juga pernah dinominasikan sebagai Pembaca Berita Terbaik di Panasonic Awards.

Pada tahun yang sama berbarengan, presenter acara Mata Najwa juga terpilih sebagai peserta Senior Journalist Seminar di AS mewakili Indonesia dan menjadi pembicara pada Konvensi Asian American Journalist Association. Hal ini semacam ini ternyata membuatnya dikenal baik di dalam maupun di luar negeri.


5. Ternyata dibalik Acara Mata Najwa. Terselip Prestasi dari Presenter Acara tersebut, Karena nya Najwa Shihab Menjadi Duta Baca Indonesia dan Duta Pustaka Bergerak

Kecintaannya pada buku dan membaca mengantarkannya menjadi Duta Baca Indonesia 2016-2020 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Ia berupaya mengkampanyekan kecintaan terhadap buku dan kepedulian terhadap tingkat membawa buku oleh anak muda.


Ia juga sering mempromosikan banyak buku yang wajib Anda baca melalui media sosial Instagram @klubbukunarasi. Mereka memiliki narasi: "Karena ada terlalu banyak buku keren yang (mungkin) tidak Anda ketahui."


Fakta Menarik Lainnya:

  • Pas SMA, dia pernah ikut pertukaran pelajar di program AFS (America Field Service) yang dikelola oleh yayasan Bina Antar Budaya. Program itu berjalan setahun.
  • Dia juga pernah terpilih menjadi deputi sekjen ALSA (ASEAN Law Student’s Association).
  • Tahun 2008 Najwa Shihab mendapat beasiswa penuh Autralian Leadership Awards dan mendalami bidang hukum media.
  • Suami Najwa Shihab ternyata kakak tingkatnya semasa kuliah.
  • Dia juga dinobatkan sebagai Duta Pustaka Bergerak yang punya misi membangun perpustakaan bergerak dari satu wilayah ke wiayah lain dengan sarana prasarana sederhana.


Penutup

Lalu apa bila dirasa artikel tersebut bermanfaat bagi kamu, maka silahkan saja anda share ke media sosial sobat, kurasa cukup sekian, saya ucapkan terima kasih.

Sumber Refrensi:  Kuyou.id  Fyine.com Biografiku.com

Baca Juga:
$ads={1}
Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !