Indonesia Website Awards

Apa Faktor yang Dapat Meningkatkan Penjualan Suatu Barang? Ini Jawabannya!

Apa Faktor yang Dapat Meningkatkan Penjualan Suatu Barang — Bisnis apa pun itu, baik yang baru berdiri maupun yang sudah mapan, berupaya maksimal untuk meningkatkan volume penjualan karena pertumbuhan penjualan yang berkelanjutan adalah satu-satunya kunci untuk bertahan di pasar. 


Sebuah perusahaan menggunakan banyak cara untuk mencapai tujuan ini: memperkenalkan produk baru; mempromosikannya melalui kampanye, skema pemasaran yang menarik serta menawarkan diskon dan opsi pembayaran yang lebih mudah. Padahal masih banyak faktor lain yang mempengaruhi penjualan produk suatu perusahaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan produk perusahaan pada prinsipnya dapat dibagi menjadi dua kelompok:
  1. Faktor internal
  2. Faktor eksternal

Table of Content (toc)

Faktor Internal yang Mempengaruhi Penjualan Suatu Produk:

Ini adalah faktor-faktor yang pada dasarnya berasal dari dalam perusahaan, dan karenanya, dalam lingkup pengaruh perusahaan untuk dikendalikan. Ini juga dapat disebut sebagai 'respons terhadap perubahan pasar' perusahaan.

Pertumbuhan adalah volume penjualan perusahaan berbanding lurus dengan kontrol positif yang dapat dilakukan perusahaan atas faktor-faktor ini. Faktor internal yang mempengaruhi penjualan suatu produk antara lain:

1) Produk Perusahaan

Faktor kritis tunggal terbesar yang menentukan pertumbuhan penjualan perusahaan adalah produk itu sendiri. Jika produk Anda memuaskan kebutuhan konsumen dengan harga yang wajar, itu akan laku. Perusahaan perlu berhati-hati dalam menjaga kualitasnya dan menambah atau memodifikasi fungsi dan utilitas sesuai dengan perubahan teknologi, selera serta preferensi konsumen yang bervariasi.


2) Strategi pemasaran perusahaan

The strategi pemasaran perusahaan berkaitan dengan produk yang memainkan peran penting dalam mempengaruhi penjualan. Strategi pemasaran melibatkan pemilihan target pasar yang tepat; posisi merek; penetapan harga yang benar dan pilihan saluran distribusi yang sesuai. Hal ini dapat membuat dampak besar pada penjualan suatu produk.

3) Personil Pemasaran Perusahaan

Kualifikasi dan pola pikir tenaga pemasaran perusahaan sangat penting dalam memenangkan lebih banyak pelanggan. Muncul dengan strategi pemasaran kreatif, ide promosi, mendukung ide-ide ini dengan riset pasar yang baik dan keinginan untuk tetap mengenal dan memperbarui tren pasar terkini bersama dengan kualifikasi profesional - semua faktor ini sangat membantu dalam mencapai volume penjualan yang lebih tinggi.

(ads1)

4) Teknologi dan Otomasi

Apa Faktor yang Dapat Meningkatkan Penjualan Suatu Barang

Peningkatan teknologi adalah salah satu aspek lagi yang harus diperhatikan perusahaan saat berusaha mencapai pertumbuhan penjualan yang lebih tinggi. Investasi ke dalam teknologi yang lebih baru dan lebih cerdas serta otomatisasi proses bisnis seperti fasilitas pembayaran elektronik, pemesanan pesanan yang lebih mudah dan otomatis, fasilitas pelacakan untuk pengiriman dalam perjalanan, penanganan keluhan secara elektronik dapat menghasilkan basis pasar yang menguntungkan dan meningkatkan penjualan.

5) Hadir dalam berbagai format terutama di E-commerce

Kehadiran dalam E-commerce yaitu penjualan berbasis internet telah menjadi faktor signifikan yang mempengaruhi penjualan suatu perusahaan. Katalog online, belanja; pembayaran online, keamanan detail pelanggan, berbagai pilihan, biaya yang relatif lebih rendah karena tidak adanya biaya yang terkait dengan model bata-dan-mortir serta kemampuan untuk melampaui batas geografis untuk memanfaatkan pasar di seluruh benua – kombinasi dari semua faktor ini menjadikan platform digital seperti Amazon.com sebagai ansambel yang sangat menarik.

6) Kemampuan untuk mengetuk pelanggan 'Jejak Kaki Digital'

Belanja online memberikan satu keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan – jejak digital dari riwayat belanja pelanggan tersedia seperti mendaftar dengan e-retailer, menelusuri berbagai kategori produk, preferensi, belanja khusus pada hari-hari khusus, barang yang sering dibeli – semuanya data ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk membuat kesepakatan penjualan yang menguntungkan dan pesan penjualan yang dipersonalisasi untuk pelanggan yang menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

7) Ketersediaan keuangan

Ketersediaan jumlah modal yang tepat pada saat-saat penting seperti memperkenalkan produk baru, kampanye pembangunan merek yang mahal, beralih ke teknologi manufaktur yang lebih canggih membutuhkan dana dalam jumlah besar. Jika perusahaan memiliki hal yang sama, ia dapat memanfaatkan peluang untuk memperkenalkan metode bisnis baru yang dapat secara positif mempengaruhi penjualan produknya.

8) Integrasi dengan pemasok

Membangun dan memelihara jaringan pemasok untuk sumber bahan baku, komponen dan bahan habis pakai dapat mempengaruhi penjualan produk. Jadi ketersediaan bahan baku pada waktu yang tepat memastikan proses manufaktur yang lancar dan pengiriman kualitas barang jadi yang tepat di pasar dalam jumlah yang tepat.

Faktor Eksternal yang  mempengaruhi penjualan suatu produk:

Faktor eksternal juga dapat disebut sebagai 'Faktor Ekonomi Makro' atau 'Perubahan Pasar'. Ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan produk karena interaksi kekuatan ekonomi , politik, teknologi, dan persaingan yang luas dan dapat secara signifikan mempengaruhi penjualan produk suatu perusahaan. Mereka jauh di luar pengaruh perusahaan untuk berubah. Perusahaan harus membuat langkah-langkah strategis yang sesuai untuk menanggapi perubahan ini. Faktor eksternal yang mempengaruhi penjualan adalah sebagai berikut:

1) Ekspektasi konsumen dan pembeli institusional

Selera, preferensi konsumen serta harapan mereka mengenai harga, fitur baru, kemasan, pengiriman, layanan purna jual terus berubah seiring waktu memberikan dampak besar pada permintaan produk perusahaan. Perusahaan tidak dapat mengendalikan ekspektasi ini. Perusahaan harus menyesuaikan strategi produksi dan pemasarannya untuk memenuhi persyaratan baru ini.

2) Siklus Ekonomi

Perekonomian negara mana pun melewati fase yang berbeda seperti pertumbuhan, ekspansi, dan resesi. Permintaan akan produk perusahaan tergantung pada fase mana yang lazim dalam perekonomian. Selama fase pertumbuhan, di mana permintaan kuat dan konsumen memiliki lebih banyak pendapatan yang dapat dibelanjakan , permintaan kemungkinan akan meningkat. Selama resesi, ekonomi berkontraksi, jumlah uang beredar menyusut dan begitu juga permintaan dan penawaran suatu produk. Dengan demikian, siklus ekonomi mempengaruhi penjualan produk perusahaan.

3) Hukum dan peraturan

Setiap produsen atau penjual harus mematuhi tuntutan hukum dan undang-undang negara tempat ia menjual produknya. Pernyataan khusus undang-undang mengenai legalitas produk, persyaratan harga minimum , pajak, dan pembatasan iklan memengaruhi penjualan produk di negara tertentu. Persyaratan ini menentukan keberadaan pasar dari produk tersebut.

4) Posisi Pasar Pesaing

Apa Faktor yang Dapat Meningkatkan Penjualan Suatu Barang

Posisi pasar produk pesaing menentukan penjualan produk produsen di pasar. Jika pesaing memiliki merek yang sangat kuat yang menguasai pangsa pasar yang besar , kehadirannya bisa sangat menakutkan, mempengaruhi penjualan produk pesaing secara negatif dan sebaliknya.

5) Fragmentasi dan ceruk pasar

Dengan munculnya teknologi, penjual semakin condong ke arah memberikan solusi yang lebih dan lebih khusus kepada konsumen. Hal ini menyebabkan munculnya banyak ceruk pasar yang mengarah ke subdivisi pasar di banyak segmen khusus yang lebih kecil yang dapat mempengaruhi penjualan produk perusahaan.

Misalnya di pasar minuman ringan, selain minuman berkarbonasi biasa seperti Coca-cola, di sini juga ada Diet-coke untuk konsumen yang sadar kalori. Selain minuman berkarbonasi dan minuman diet, kini jus buah, air beraroma, minuman berenergi seperti Red Bull dan air kelapa kemasan juga bersaing untuk merebut perhatian konsumen. Oleh karena itu, berlawanan dengan posisi pemimpin pasar yang jelas dinikmati oleh Coca-cola beberapa tahun yang lalu, perusahaan harus bersaing dengan berbagai produk niche. Hal ini tentunya menyebabkan tergerusnya pangsa pasar perusahaan.


Penutup

Mungkin itulah tadi sedikit penjelasan dari detiknegri.my.id tentang faktor yang dapat meningkatkan penjualan suatu barang, yang mana artikel ini dijelasakan sedemikian rupa dan selengkap mungkin untuk di baca, sebagai acuan wawasan dan Anda dirumah. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan pertanyaan kamu dan orang lain disana.

Apa bila dirasa artikel ini bermanfaat bagi Anda, maka silahkan saja kamu share ke media sosial. Ku rasa cukup sekian saya ucapkan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !