Inilah 29+ Manfaat Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan: Kulit, Rambut, Lambung, Jantung

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Detiknegri.my.id– Kurma yang juga dikenal sebagai Khajoor adalah tanaman berbunga yang dibudidayakan untuk buah yang dapat dimakan dengan nama yang sama (Kurma) dan termasuk dalam keluarga palem Arecaceae. Buah lengket ini merupakan sumber vitamin, mineral, serat makanan, flavonoid, dll. Dan keberadaan senyawa ini membuatnya sangat bermanfaat bagi kita. Pada artikel ini, kita akan mengetahui tentang manfaat utama kesehatan dan kecantikan dari kurma, tetapi pertama-tama, mari kita lihat bagan nutrisi kurma yang disebutkan di bawah ini.

Karena pertama kali dibudidayakan sejak lama, jadi tempat asalnya tidak diketahui tetapi diyakini berasal dari tanah di sekitar Irak, dan sekarang dibudidayakan di banyak daerah tropis dan subtropis di dunia.

{tocify} $ title = { Daftar Isi }

Manfaat Kesehatan Dan Kecantikan dari Kurma

$ads={1}

(1) Memberikan Bantuan Dari Sembelit

Konsumsi kurma secara teratur dan sedang sangat bermanfaat untuk meredakan sembelit karena adanya serat makanan di dalamnya. Kehadiran serat makanan menjadikannya pencahar alami yang mengatur pergerakan usus dan memastikan pembuangan kotoran yang tepat dari tubuh. Sembelit dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan lainnya sehingga dengan meredakan sembelit juga mengurangi risiko penyakit terkait.


Untuk meredakan sembelit, rendam beberapa kurma dalam air semalaman dan makanlah di pagi hari (perut kosong). Serat larut yang ada dalam kurma akan membantu melancarkan buang air besar dan juga akan menjaga kesehatan perut Anda.


(2) Buat Tulang Kita Lebih Kuat

Kita semua tahu bahwa kalsium berperan penting dalam menentukan kekuatan tulang kita dan kekurangannya dapat membuat tulang kita lemah dan menimbulkan Osteoporosis dan penyakit terkait lainnya. Namun, kesehatan tulang kita tidak hanya ditentukan oleh kalsium tetapi juga karena nutrisi lain seperti selenium tembaga, magnesium, mangan, dll. Kurma adalah sumber nutrisi penting yang baik seperti selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Lalu semua mineral ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan tulang kita dan membuatnya lebih kuat.

Mengkonsumsi kurma secara rutin tidak hanya membuat tulang kamu lebih kuat tapi juga meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan resiko terkena osteoporosis dll.


(3) Memberikan Bantuan Dari Gangguan Usus

Mengkonsumsi kurma secara teratur sangat bermanfaat bagi perut kita dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan kita karena adanya senyawa penting seperti asam amino, serat makanan, nikotin, dan lain-lain yang ada di dalamnya. Serat makanan yang ada dalam kurma mengatur pergerakan usus dan memastikan pembuangan limbah keluar dari tubuh dengan lancar. Dengan melakukan itu membantu dalam memberikan kelegaan dari sembelit dan juga mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait.

Selain itu, nikotin yang ada dalam kurma membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan dengan demikian membantu merangsang pertumbuhan bakteri ramah. Kurma juga bermanfaat untuk menstimulasi jus pencernaan dalam tubuh kita, meningkatkan efisiensi pencernaan dan memungkinkan penyerapan nutrisi yang tepat oleh sistem pencernaan.


(4) Mengurangi Risiko Anemia

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kurma merupakan sumber zat besi yang baik yang merupakan nutrisi penting yang memainkan banyak peran penting seperti membawa oksigen ke setiap sel tubuh, membantu pembentukan hemoglobin, mengatur suhu tubuh, menjaga kesehatan saraf dan memberikan banyak manfaat ( sumber ) lainnya.

Kekurangan zat besi dalam tubuh kita dapat menyebabkan anemia yang merupakan masalah kesehatan umum yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Beberapa gejala umum anemia adalah kelelahan umum, kelemahan, kulit pucat, sesak napas, pusing, detak jantung tidak teratur, kuku rapuh, dll ( sumber ). Sebagai sumber zat besi yang baik, konsumsi kurma sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko anemia dan juga memberikan kelegaan bagi orang yang sudah menderita anemia.


(5) Mengurangi Risiko Alergi

Konsumsi kurma sangat bermanfaat untuk mengurangi beberapa reaksi alergi dan musiman karena adanya sulfur organik di dalamnya. Belerang organik tidak umum ditemukan dalam makanan tetapi buah kurma merupakan pengecualian. Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2002, ditemukan bahwa asupan senyawa sulfur organik berdampak positif pada jumlah penderitaan yang dialami orang akibat Alergi Rhinitis (SAR) musiman, yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.


(6) Baik Untuk Manajemen Berat Badan

Kurma tinggi kalori dan mengonsumsi 100 gram kurma menyediakan sekitar 282 kalori energi. Nilai kalori yang tinggi dari kurma membuatnya sangat bermanfaat bagi orang yang ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat. Kurma juga merupakan sumber gula, protein dan nutrisi penting yang baik seperti vitamin dan mineral dan semua ini membantu dalam menjaga kesehatan yang baik.

Kurma bermanfaat tidak hanya untuk menambah berat badan tetapi juga untuk menurunkan berat badan karena adanya serat makanan (8 gram per 100 gram kurma) di dalamnya. Serat makanan yang ada dalam kurma membuat perut kita kenyang untuk waktu yang lebih lama dan mengurangi keinginan kita untuk makan lagi dan lagi, dan dengan demikian mengontrol makan berlebihan.

Karena makan berlebihan adalah salah satu penyebab utama kenaikan berat badan, jadi dengan mengontrol makan berlebihan, ini membantu dalam mengontrol penambahan berat badan yang berlebihan. Jika Anda ingin makan kurma untuk menurunkan berat badan maka lebih baik makan dalam jumlah kecil karena nilai kalori kurma yang tinggi dapat merusak rencana penurunan berat badan Anda. Anda juga bisa mengonsumsi kurma dengan pasta mentimun, untuk membuat program pengelolaan berat badan Anda semakin menarik.


(7) Penguat Energi

Kehadiran gula alami seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, dll. Menjadikan Kurma adalah pendorong energi yang luar biasa dan mungkin inilah alasannya digunakan sebagai camilan sore cepat oleh banyak orang di seluruh dunia. Kurma adalah camilan energi yang sempurna yang memberikan semburan energi langsung dan baik untuk meredakan kelesuan dan kelesuan.


(8) Menjaga Kesehatan Sistem Saraf Kita

Konsumsi kurma secara teratur dan sedang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf kita karena adanya kalium di dalamnya. Kalium adalah nutrisi penting yang memainkan banyak peran penting dalam menjaga kita tetap sehat dan salah satu peran tersebut adalah kemampuannya untuk meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak kita dan meningkatkan sistem saraf yang sehat.

Ini karena potasium adalah vasodilator yang mengurangi tekanan, melemaskan pembuluh kita dan memungkinkan lebih banyak darah mencapai sistem saraf kita. Ketika darah mencapai sel otak dan sel saraf kita dengan baik maka mereka berfungsi dengan sangat baik. Mengkonsumsi kurma tidak hanya meningkatkan kewaspadaan otak kita tetapi juga membantu menjaga daya ingat kita tetap tajam.


(9) Baik Untuk Jantung Dan Memberikan Manfaat Kardiovaskular

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengkonsumsi kurma secara rutin sangat bermanfaat bagi jantung kita dan membantu dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler kita karena adanya kandungan kalium di dalamnya. Kalium adalah vasodilator yang memberikan relaksasi pada pembuluh darah kita, mengurangi tekanan darah dan dengan demikian memberikan kelegaan dari tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab utama banyak masalah kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, detak jantung tidak teratur, denyut nadi lemah, dll.

Selain itu, serat makanan yang ada dalam kurma juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung karena menyerap kolesterol jahat dari tubuh kita yang menyumbat arteri kita dan menimbulkan masalah kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, detak jantung tidak teratur, aterosklerosis, dll. .


(10) Meningkatkan Kesehatan Seksual

Kurma juga dapat membantu pria di tempat tidur karena kemampuannya untuk meningkatkan stamina seksual seseorang. Untuk tujuan ini, rendam segenggam kurma dalam susu kambing segar dan biarkan sepanjang malam. Di pagi hari, tambahkan sedikit bubuk kapulaga dan madu ke dalamnya dan haluskan semua bahan menjadi satu. Kini, tonik ini dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan seksual dan juga untuk mengurangi kemandulan akibat berbagai gangguan seksual.

Berdasarkan studi tahun 2006 yang dilakukan di Bahmanpour, ditemukan bahwa kadar estradiol dan flavonoid yang tinggi dalam kurma membantu meningkatkan jumlah sperma dan juga meningkatkan mobilitasnya. Kurma juga bermanfaat untuk meningkatkan ukuran dan berat testis, dan sifat afrodisiak kurma ini membuatnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual pria.


(11) Mengurangi Risiko Kebutaan Malam

Kebutaan Malam adalah masalah mata (bukan penyakit tetapi gejala) di mana seseorang menjadi tidak dapat melihat pada malam hari atau dalam cahaya yang redup. Ini terutama disebabkan oleh kekurangan vitamin A (ada beberapa faktor lain juga).

Mengkonsumsi kurma secara teratur sangat bermanfaat untuk mencegah rabun senja dan juga bermanfaat bagi orang yang memiliki penglihatan lemah dan sudah menderita rabun senja.

Manfaat kurma ini terutama karena adanya vitamin A di dalamnya. Vitamin A adalah nutrisi penting yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata karena meningkatkan penglihatan, mencegah mata kita dari stres oksidatif dan juga mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia dan gangguan mata lainnya.


(12) Memberikan Bantuan Dari Keracunan Alkohol

Efek kurma yang menenangkan membuatnya sangat bermanfaat untuk meredakan keracunan alkohol dengan cepat. Jika Anda merasa terlalu banyak mabuk, nikmati kencan dan itu akan membantu. Kurma juga bisa digunakan untuk mencegah mabuk berat. Untuk ini, rendam beberapa kurma dalam air semalaman dan konsumsi di pagi hari.


(13) Membantu Diare

Konsumsi kurma secara teratur dan sedang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kita dan membantu meredakan sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Serat makanan yang ada dalam kurma mengatur pergerakan usus, memastikan pembuangan tinja yang tepat dari tubuh dan dengan demikian meredakan sembelit. Kurma juga merupakan sumber potasium yang berperan penting dalam mengendalikan diare.


(14) Mengurangi Risiko Kanker Perut

Makan kurma secara rutin sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko dan dampak kanker perut karena banyaknya vitamin, mineral dan senyawa lain yang ada di dalamnya. Apa yang membuat kurma lebih bermanfaat bagi kesehatan perut kita adalah bahwa konsumsi dalam jumlah sedang tidak menimbulkan efek samping negatif pada tubuh kita, baik untuk semua kelompok umur dan dalam beberapa kasus bekerja lebih baik daripada obat tradisional.


(15) Baik Untuk Wanita Hamil

Kurma sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena tidak hanya membantu menjaga kesehatan tetapi juga memudahkan persalinan. Inilah alasannya, kurma secara tradisional direkomendasikan untuk wanita hamil di banyak budaya. Studi ilmiah terbaru juga telah mendukung manfaat kurma untuk ibu hamil.

Sesuai penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, ditemukan bahwa mulai mengonsumsi kurma beberapa minggu sebelum persalinan secara signifikan mengurangi kebutuhan induksi dan juga terbukti bermanfaat untuk hasil persalinan.


(16) Mencegah Kerusakan Gigi Dan Memperkuat Enamel Gigi

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Makan kurma secara teratur sangat bermanfaat untuk melindungi kekuatan email gigi kita dan juga mengurangi resiko kerusakan gigi karena adanya fluoride di dalamnya.

Enamel gigi adalah lapisan luar yang sangat kuat pada gigi kita. Meskipun dianggap sebagai zat mineral yang paling kuat dalam tubuh kita (bahkan lebih kuat dari tulang), mereka tidak sekuat gula, asam, pati, dll dari makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat merusaknya. Ini karena adanya gula dan asam pada permukaan gigi kita menimbulkan bakteri yang membangun plak, melemahkan enamel gigi dan menimbulkan kerusakan gigi.

Fluor yang ada dalam kurma bergabung dengan hidroksiapatit enamel gigi dan membentuk hidroksi fluorapatit, yang merupakan zat penting yang memberikan ketahanan terhadap kerusakan gigi dan dengan demikian memperkuat enamel gigi kita. Selain itu, vitamin dan mineral lain yang ada pada kurma juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi kita.


Manfaat Kecantikan Kurma Untuk Kulit

(1) Memperbaiki Sel Kulit Yang Rusak

Kurma adalah sumber Vitamin B5 atau asam pantotenat yang baik dan ini membuatnya sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Makan kurma secara rutin juga menghindarkan sel-sel kulit kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah ion tidak stabil yang terbentuk di dalam tubuh kita selama proses oksidasi.

Karena mereka tidak stabil sehingga mencuri elektron dari molekul sel tubuh kita dan dengan demikian menyebabkan kerusakan pada mereka. Antioksidan yang ada dalam kurma melawan radikal bebas tubuh kita menstabilkannya dan dengan demikian mencegahnya menyebabkan kerusakan pada sel kulit kita. Ini meningkatkan kekencangan kulit kita dan membuatnya cantik secara alami.


(2) Jaga Kesehatan Kulit Kita

Kurma sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kita karena merupakan sumber vitamin A yang baik, nutrisi penting yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kulit kita. Ini efektif untuk menghilangkan sel kulit mati dan kering dengan tepat dan juga memainkan peran penting dalam menjaga regenerasi sel kulit baru kita. Vitamin A juga merupakan antioksidan yang berarti juga mencegah sel-sel kulit kita dari kerusakan akibat radikal bebas dan dengan demikian menjaga kulit kita tetap sehat, kencang dan bercahaya.


(3) Menjaga Penuaan Dini Di Teluk

Konsumsi kurma secara teratur dan sedang sangat efektif untuk mengurangi garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, bintik-bintik hitam, dll. Dan dengan demikian mencegah penuaan dini. Manfaat anti penuaan kurma ini dikarenakan adanya berbagai antioksidan dan senyawa antioksidan di dalamnya. Antioksidan ini (dan senyawa antioksidan) melawan radikal bebas tubuh kita, menstabilkannya dan dengan demikian mencegahnya menyebabkan kerusakan pada tubuh kita.

Radikal bebas itu buruk karena mereka adalah ion yang tidak stabil yang mencuri elektron dari molekul tubuh kita dan dengan demikian merusaknya. Kurma efektif bukan untuk mencegah penuaan dini tetapi juga untuk membuat kulit kita cerah dan halus.


(4) Memberikan Bantuan Dari Berbagai Gangguan Kulit

Kurma adalah sumber vitamin B yang sangat bermanfaat bagi kulit kita dan banyak penelitian telah membuktikan bahwa vitamin ini berperan penting dalam mengobati berbagai gangguan kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat dan stretch mark, tumbuk beberapa kurma dan tambahkan madu ke dalamnya. Campur menjadi satu dan kemudian oleskan di area yang terkena. Penggunaan teratur akan membantu menghilangkan bekas luka dan stretch mark.


Manfaat Kecantikan Kurma Untuk Rambut

(1) Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala Kita

Makan kurma secara teratur juga bermanfaat bagi rambut kita karena kurma merupakan sumber vitamin B5 atau asam pantotenat yang baik yang berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut kita. Memasukkan makanan super ini dalam diet harian Anda akan menghindarkan kita dari berbagai masalah rambut seperti rambut rapuh, ujung bercabang, dan sebagainya.


(2) Memberikan Nutrisi Untuk Rambut Dan Kulit Kepala Kita

Kurma adalah sumber nutrisi yang baik seperti vitamin, mineral, dll. Dan ini membuatnya sangat bermanfaat untuk memberi nutrisi yang tepat pada rambut dan kulit kepala kita serta membuat rambut kita halus dan berkilau. Ketika rambut dan kulit kepala kita diberi nutrisi dengan benar maka mereka tetap sehat dan itu juga meningkatkan kekuatan rambut kita dan dengan demikian mengontrol kerontokan rambut yang berlebihan.


(3) Membuat Rambut Panjang, Kuat, Dan Tebal

Sedang mencari solusi sederhana untuk membuat rambut Anda panjang dan tebal? Jika ya, maka cukup pijat beberapa tetes minyak kurma di kulit kepala Anda. Ini akan memberi nutrisi pada rambut dan kulit kepala kita dan akan membuat rambut Anda lebih panjang lebih kuat dan lebih tebal.


(4) Mencegah Rambut Rontok

Kurma sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok karena kandungan vitamin B dan zat besi di dalamnya. Mereka membantu dalam memberikan nutrisi yang tepat untuk rambut kita dan juga mencegah folikel rambut kita dari kerusakan radikal bebas (karena adanya jumlah antioksidan yang baik dalam kurma).
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama