objek wisata megalatikum batu berak peninggalan leluhur lampung



Lokasi : jln lebuay. kec kebun tebu. pura wiwitan wonosobo. lampung 34871
Buka tutup : 08.00-16.00 wib
Htm : free/gratis

Fakta unik sejarah. dari masa megalitik. yang bernama batu berak.

Batu berak merupakan. situs megalitik yang bersejarah. terletak di desa Pekong purawiwitan. Lampung Barat.

Nama batu berak ini. berasal dari bahasa Lampung. yaitu berak yang artinya sejajar. dalam bahasa Lampung. yang berarti situs batu sejajar. karena Disini anda akan melihat. batu yang tersusun rapi dan sejajar.

Situs batu berak ini. ditemukan pada tahun 1951. oleh badan rekontruksi National. penelitian pertama pada situs batu berak ini. baru dilakukan tahun 1980. oleh seseorang arkeolog dari Jakarta. prof Dr Aris Kandar.

Dari penelitian ini. diketahui batu berak ini merupakan. suatu tempat pemujaan.

Untuk luas Megalitikum ini. menempati lahan seluas 3,5 hektar. di komplek situs batu berak ini. ditemukan sekira 40 Buah Batu menhir. 38 batu dolmen. 2 Batu datar. dan beberapa batu kelompok lainnya. pada tahun 1984 dan 1989 situs ini telah dipugar. dengan sedikit reposisi dan rekonstruksi. bebatuan yang sempat terpisah dari posisi aslinya. lantaran efek dari bencana alam. yang dulu pernah terjadi di situs ini.

Selain Ditemukan situs batu berak. di kecamatan kebun tebu. juga ditemukan 8 situs lainnya. yaitu bernama masing-masing batu jagur. batu temeng batu. cabang 2. batu Telaga Mukmin. batu air ringkih. dan Batujaya.

Sebagai daya tariknya. Disini gratis bagi yang ingin belajar tentang situs ini. bukan cuman itu apabila anda membawa kendaraan. Anda harus membayar parkir. sekitar Rp5.000 saja. sangat murah bukan.
Tags

Posting Komentar

2 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
  1. Warisan situs megalitik yang bersejarah dan wajib di lestarikan oleh pemerintah juga masyarakat yang berdomisili disana. Agar lebih menjadi sejarah yang tak terlupakan oleh generasi anak Lampung Barat sehingga akan lestari sampai kapanpun, juga ahrus adanya peran pemerintah dalam mengembangkan sebagai wisata daerah berpontensi nasional.

    BalasHapus
  2. Wisata batu berak Lampung barat
    Kebun tebu.,,,,
    wisata yah sangat indah dan baris barisan batu yah sangat rapih dan Adah juga pohon beringin sangat beser dan pas kali untuk foto foto atau untuk duduk duduk di bawah pohon beringin yah ..dan Adah juga pondok untuk istirahat , dan berteduh.

    BalasHapus

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !